Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina

ikan koi

User Rating: / 1
PoorBest 
Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina


Perbedaan Ikan Koi jantan dan betina bisa kita lihat dari tanda-tanda fisik pada ikan. Banyak indikator yang bisa kita jadikan cara membedakan ikan KOI jantan atau KOI betina, diantaranya adalah dilihat dari bentuk tubuh, bentuk sirip, kekasaran tulang pipi dll.

 

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina


Bentuk Tubuh
Bentuk tubuh ikan Koi merupakan indikator yang paling mudah dilihat. Ikan Koi jantan dan Koi betina empunyai tampilan bentuk tubuh yang berbeda. Pada tubuh ikan koi jantan cenderung memanjang  serta kurus jika dibandingkan dengan bentuk tubuh betina yang cenderung lebih bulat serta padat, terutama pada bagian perut. Bentuk tubuh Koi dapat kita jadikan indikator awal saat mengidentifikasi jenis kelamin Koi, selain juga  genetik, pola makan dan juga faktor lingkungan.

Bentuk Sirip
Disamping bentuk tubuh Koi, kita juga dapat memperhatikan bentuk sirip dada pada ikan koi. Ikan Koi betina mempunyai sirip dada  dengan ujung sedikit membulat dibandingkan sirip Koi jantan yang cenderung lebih runcing.  Perbedaan lainnya adalah pada sirip Koi betina cenderung lebih transparan jika dibandingkan dengan sirip ikan koi jantan yang lebih putih solid.

Perbedaan bentuk sirip koi jantan da betina

Bentuk dan Warna Lubang Ekskresi
Jenis kelamin ikan koi dapat juga diketahui dari bentuk fisik lubang ekskresinya. Bentuk lubang ekskresi pada ikan Koi betina nampak sedikit menonjol atau cembung dan berwarna pink pucat. Lubang ekskresi pada ikan Koi jantan tampak lebih cekung kedalam dan berwarna putih.

Kekasaran Permukaan Pipi
Kekasaran permukaan pipi Koi bisa dijadikan Indikator lain guna mengidentifikasi perbedaan jenis kelamin  ikan koi. Buasanya ikan koi jantan mempunyai pipi yang kasar, sedangkan pada ikan Koi betina mempunyai pipi yang halus. Walau begitu tidak semua ikan koi dengan pipi halus adalah betina, ada juga beberapa ikan koi jantan muda  yang mempunyai pipi yang halus. Namun bila permukaan pipi ikan koi kita kasar, besar kemungkinan ikan koi tersebut merupakan ikan jantan.

Saat kontes All Japan Koi Show ikan jantan mempunyai kelas tersendiri, sebab tidak seimbang jika di bandingkan dengan ikan betina. Ikan Koi betina mempunyai badan yang lebih bulat dan juga ideal jika dibandingkan dengan ikan jantan yang bentuk tubuhnya memanjang. Perhatikan foto ikan Koi jantan yang memperoleh gelar Best Male Superior di All Japan Koi Show 2012, perbandingkan dengan Grand Champion dan Runner Up Grand Champion yang betina, bentuk badannya memang terlihat berbeda. Dari sini kita bisa mengetahui cara membedakan jenis kelamin koi jantan dan betina.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel